Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGUSIR MONYET YANG MENYERANG KEBUN BUAH-BUAHAN









Minggu, 16 April 2023

Kami memiliki lahan yang telah di tanami jambu biji dengan beberapa varietas yaitu Jambu getas, sukun dan kristal, dan saat ini sudah menghasilkan buah, setiap minggu kami memanen sekitar 5 Kg dengan jumlah pohon yang telah berbuah sekitar 50 pohon. Kendala yang dihadapi adalah adanya serangan monyet yang datang memakan buah jambu yang telah dibungkus serta kelelawar dan hama babi. 

Berdasarkan hal tersebut kami ber ikhtiar untuk mengendalikannya dengan menggunakan terasi dan kapur barus agar monyet tidak masuk lagi ke kebun untuk mengambil buah jambu, karena menurut kami cara inilah yang paling aman tanpa harus saling menganggu, karena saya secara pribadi kurang setuju jika monyet harus di bunuh dengan cara ditembak ataupun di racuni. 

Nah cara yang kami lakukan cukup sederhana yaitu dengan menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut :

Bahn dan Alat :

1. Terasi

2. Kapur barus

3. Kaos kaki bekas

4. Tali Rapiah

5. Palu

Cara kerja:

Terasi dan kapur barus  di masukkan ke dalam kaos kaki bekas sebanyak 1:1, kemudian diikat menggunakan tali rapiah, setelah diikat kapur barus dan terasi dihancurkan menggunakan palu agar bahan tercampur di dalam kaos kaki yang akan menghasilkan bau yang sangat menyengat.

Setelah siap kita gantungkan kaos kaki yang telah berisi terasi dan kapur barus di pohon jambu yang telah berbuah. Seperti video dan gambar berikut ini. 




Untuk hasilnya, akan kami share lagi. Apakah pertanaman jambu sudah bebas dari serangan hama monyet karena sebagai manusia biasa kami hanya ber ikhtiar, namun hasilnya kita serahkan pada Allah SWT. Terima kasih


Sabtu, 23 April 2023

Alhamdulillah akhirnya kita tiba di Minggu yang saya janjikan untuk share hasil pemasangan pengusir monyet, berdasarkan hasil pengamatan dilapangan untuk serangan monyet sudah tidak ada, namun masih terdapat serangan kelelawar namun tidak separah sebelum dilakukan pemasangan sehingga panen kali ini mengalami peningkatan dari minggu lalu yang hanya 5 kg sekarang sudah mencapai 10 Kg seperti gambar berikut :








Post a Comment for "CARA MENGUSIR MONYET YANG MENYERANG KEBUN BUAH-BUAHAN"