Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGENAL BIBIT DURIAN BERKAKI TUNGGAL, GANDA DAN TIGA

 

Selamat datang kembali di blog saya dan kali ini kita masih membahas terkait bibit durian, nah pernahkah anda mendengar bibit durian kaki ganda, kaki tiga dan seterusnya. Kalau untuk bibit durian kaki tunggal pasti sudah sering mendengar dan melihatnya kan? nah sebelum anda memutuskan akan membeli bibit durian sebaiknya baca terlebih dahulu uraian singkat kelebihan dan kekurangan durian kaki ganda…

 


Bibit unggul merupakan syarat utama untuk menunjang pengembangan tanaman durian sehingga buah yang dihasilkan berkualitas, untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan tanaman durian, maka perlu dilakukan pembudidayaan bibit durian secara vegetatif, seperti okulasi, sambung pucuk, susuan, dan kaki ganda. Salah satu keistimewaan bibit durian hasil perbanyakan dengan cara vegetatif adalah tanaman yang dihasilkan mempunyai kualitas yang tinggi yaitu tidak menyimpang dari sifat induknya, masa pertumbuhan cepat, dan masa panen lebih cepat.

 

Kaki ganda merupakan suatu teknologi pengembangan benih buah-buahan dengan cara penyambungan/penyisipan dua buah atau lebih batang bawah  hasil dari perbanyakan generatif sebagai sumber perakaran dan kaki tambahan, batang bawah berasal dari durian lokal yang sudah mampu beradaptasi dengan kondisi iklim dan tanah kawasan setempat sedangkan untuk batang atas atau batang utama menggunakan hasil perbanyakan secara vegetatif (Okulasi atau grafting). Pada mulanya metode ini ditemukan sebagai penanggulangan saat adanya serangan penyakit phytopthora pada jaringan kulit hingga jaringan xilem tanaman.

 

Metode ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman, yakni mengurangi risiko penyakit akar dan batang (seperti Phytopthora palmivora), penggerek batang, sebagai penyangga pada batang utama karena kelemahan pada hasil perbanyakan vegetatif terutama pada hasil okulasi yaitu mudah rebah atau patah apabila terkena tiupan angin kencang ketika tanaman tersebut tumbuh dewasa, lebih tahan bahaya longsor serta kaki tambahan pada batang bibit durian bisa menambah daya serap air dan nutrisi tanaman dari dalam tanah menjadi lebih besar yang bersumber dari serapan akar dari beberapa batang tambahan yang disambung ke batang utama sehingga tehnik kaki ganda ini mampu meningkatkan kualitas pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang akhirnya membuat pembuahan lebih cepat. Tanaman biasanya bisa segera berbuah hanya dalam waktu 3-5 tahun saja dengan batang pohon yang masih pendek, namun buahnya sudah bergelantungan. Sangat menguntungkan untuk ditanam di rumah  ataupun di perkebunan. Hal ini terbukti saat tanaman dalam fase bibit tanaman berkaki ganda ini tumbuh lebih cepat dan lebih vigonous dibanding bibit berkaki tunggal serta menghasilkan tanaman yang unik dan cantik sehingga dari segi ekonomis akan meningkatkan harga jual.

Berdasarkan hasil penelitian Mohamad Zaedan Fitri dan Muhammad Islahuddin tahun 2018 dengan judul PENGARUH LAMA PENYATUAN DAN SAMBUNG SISTEM KAKI GANDA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT DURIAN (Durio zibethinus, L.) DI KABUPATEN JEMBER diperoleh hasil bahwa Perlakuan penambahan kaki ganda memberikan pengaruh terhadap tinggi bibit durian, diameter batang, dan jumlah daun pada umur 80 hari setelah sambung kaki. Penambahan kaki ganda dengan tiga kaki memberikan hasil terbaik terhadap penyambungan dibandingkan dengan kaki tunggal, dua dan kaki empat.


Kelemahan Kaki Ganda

- Sayangnya bibit berkaki ganda ini akan terhenti saat volume akar sudah memenuhi seluruh ruang yang ada di polibag. Untuk mengatasi harus cepat segera pindah ke tanah maka, pertumbuhan bibit kaki ganda akan lebih cepat dan maksimal hingga kurun waktu kurang dari 2 tahun, selebihnya tanaman akan tumbuh sama dengan tanaman berbatang tunggal.

- Harga bibit durian kaki tiga yang lebih tinggi dari bibit yang biasa yang berkisar antara 150 -250 (tergantung tinggi tanaman), namun itu masih terjangkau dengan mendapatkan hasil yang memuaskan.


Berikut Video Perkembangan Pertumbuhan Durian varietas Musangking yang berkaki tiga





***Terimakasih sudah membaca sejauh ini, dan semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda, jangan lupa tinggalkan jejak dengan memberi komentar***




Post a Comment for "MENGENAL BIBIT DURIAN BERKAKI TUNGGAL, GANDA DAN TIGA"