Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Trichoderma harzianum dan Beauveria bassiana

Berikut manfaat dari masing-masing agensia hayati :

1. Trichoderma harzianum

Trichoderma sp merupakan salah satu fungi yang berperan sebagai agen hayati dalam mengendalikan serangan patogen tanaman seperti Rigidoporus lignosus, Fusarium oxysporum, Rhizoctonia solani, Sclerotium rolfsii dan fungi patogen lainnya.

Trichoderma memiliki tiga tipe sifat antagonis yang menjadikannya sebagai parasit bagi fungi patogen. Sifat tersebut adalah Trichoderma menghasilkan enzim ekstraseluler beta (1,3 glukanase dan kitinase yang dapat melarutkan dinding sel fungi patogen.

Selain itu beberapa jenis Trichoderma menghasilkan toksin trichodermin yang dapat menyerang dan menghancurkan propagul spora patogen di sekitarnya. Untuk spesies Trichoderma viridae diketahui dapat menghasilkan antibiotik gliotoksin viridin yang berfungsi melindungi bibit tanaman dari serangan penyakit layu pada kecambah.

Umumnya penyakit layu dan busuk pangkal batang pada tanaman akibat serangan fungi Fusarium sangat sulit dikendalikan dengan fungisida kimia. Karena itu aplikasi fungisida hayati Trichoderma pada tanaman dapat mencegah penyakit akar dan busuk pangkal akibat serangan layu Fusarium.

Sifat antagonis Trichoderma pada fungi patogen dapat menekan perkembangan fungi patogen secara alami. Keuntungan lainnya Trichoderma merupakan agen hayati hidup yang dapat berkembang biak dan bertahan di lingkungan sebagai musuh alami fungi patogen.

Jamur Trichoderma sp sering digunakan untuk mengendalikan Fusariumoxysporum (penyebab penyakit busuk batang pada tanaman Vanili), Phytophtora sp (penyebab penyakit busuk pangkal batang pada tanaman Lada) dan Rigidoporus lignosus ( penyebab penyakit  Jamur akar putih pada tanaman Karet). Selain itu juga efektif mengendalikan Phytium sp yang merupakan patogen tular tanah penyebab penyakit rebah kecambah pada kacang-kacangan.

Jamur ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:
1.     Mudah diisolasi, dikembangkan, dan daya adaptasinya luas
2.  Mudah ditemukan di tanah areal pertanaman, sehingga pertumbuhan pada saat aplikasi lebih mudah.
3.     Dapat tumbuh secara cepat pada berbagai substrat.
4.     Memiliki kisaran mikroparasitisme yang luas.
5.     pada umumnya tidak patoen pada tanaman.

Jamur Trichoderma mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terutama kemampuannya untuk menyebabkan produksi perakaran sehat dan meningkatkan angka kedalaman akar (lebih dalam di bawah permukaan tanah). Akar yang lebih dalam ini menyebabkan tanaman menjadi lebih resisten terhadap kekeringan, seperti pada tanaman jagung dan tanaman hias.


2. Beauveria bassiana

Cendawan B. bassiana juga dikenal sebagai penyakit white muscardine karena miselia dan konidia (spora) yang dihasilkan berwarna putih (Gambar 1), bentuknya oval, dan tumbuh secara zig zag pada konidiopornya. Cendawan ini memiliki kisaran inang serangga yang sangat luas, meliputi ordo Lepidoptera, Coleoptera, dan Hemiptera. Selain itu, infeksinya juga sering ditemukan pada serangga-serangga Diptera maupun Hymenoptera


Serangga inang utama B. bassiana yang dilaporkan oleh Plate (1976) antara lain: kutu pengisap (aphid), kutu putih (whitefly), belalang, hama pengisap, lalat, kumbang, ulat, thrips, tungau, dan beberapa spesies uret. Sedangkan habitat tanamannya mulai tanaman kedelai, sayur-sayuran, kapas, jeruk, buah-buahan, tanaman hias, hingga tanaman-tanaman hutan. Mekanisme infeksi dimulai dari melekatnya konidia pada kutikula serangga, kemudian berkecambah dan tumbuh di dalam tubuh inangnya.

Nah, bagi teman-teman pejuang pertanian organik yang berada di Daerah maupun Mahasiswa yang ingin penelitian, namun  dengan fasilitas dan SDM terbatas untuk melakukan pengambilan isolat Trichoderma harzianum dari lapangan, maka belanja online isolat yang telah jadi adalah salah satu solusi untuk melakukan perbanyakan Trichoderma harzianum, seperti yang saya lakukan, nah berikut review dari pengalaman saya :

Isolat Trichoderma ini bisa didapatkan melalui beberapa market place yang ada, nah disini ada beberapa jenis isolat agensia hayati yang dijual dengan harga yang terjangkau di shopee (dian_noviyanti123)

1. Satu tabung reaksi dapat diinokulasikan ke media beras atau jagung seberat 1-2 Kg, malah bisa lebih.

2. Deskripsi dan Cara aplikasi produk

Pada Deskripsi sudah di berikan cara pengembangan Trichoderma dengan jelas 

Nah supaya tidak penasaran caranya, berikut saya sajikan yang tercantum pada kolom deskripsi produknya di shopee:

Jenis : Trichoderma harzianum Merupakan agen hayati pengendali penyakit pada tanaman dan mampu membantu didalam penguraian pupuk kandang sehingga dapat menyuburkan tananaman serta dapat mengendalikan jamur / penyakit yang menular melalui tanah seperti jamur fusarium. CARA PERBANYAKAN TRICHODERMA Bahan : • 1 tabung isolat Trichoderma • 1 - 2 kg beras ( bisa lebih ) • Plastik tebal ukuran 0.5 kg • Alkohol/ hand sanitizer Alat : • Alat pengukus • Spatula • Sendok makan • Streples • Saringan • Lampu spirtus/lilin Cara : • Cuci beras hingga bersih • Rendam beras selama minimal 1 jam • Tiriskan beras dengan saringan • Bungkus beras ke dalam plastik kira-kira 3 sendok makan per kantong plastik • Lipat dan kukus selama 30 menit • Dinginkan • Tulari beras dengan bibit jamur kemudian streples plastiK dengan disisakan ruang udara • Simpan ditempat yang tidak terkena matahari langsung, kira- kira 7 hari beras sudah ditumbuhi jamur dan siap digunakan Cara aplikasi : • Aplikasi sebaiknya dilakukan sore hari • Tiap 1 bungkus bisa dilarutkan kedalam 10 liter air • Aplikasi bisa dikocor atau disemprot • Aplikasi boleh dilakukan tiap 7 hari sekali Jika kurang jelas bisa lihat cara perbanyakannya di channel youtube DIAN PERTANIAN dengan judul : • Cara perbanyakan Trichoderma • Cara perbanyakan metarizium dan beauvaraia basiana *SIMPAN DI KULKAS ( BUKAN FREEZER ) JIKA ISOLAT BELUM AKAN DIGUNAKAN *


Foto hasil Trichoderma yang saya pesan, semuanya tiba dengan selamat dan tidak cacat. Seperti Gambar berikut :

1. Isolat Trichoderma harzianum


2. Isolat Beaveria bassiana



3. Isolat Trichoderma saya beli sebanyak 7 tabung, dan satu tabung Beauveria bassiana



Kalau untuk yang kemasan Hijau ini adalah merupakan Trichoderma yang siap aplikasi ke Tanaman atau pupuk kandang



dari gambar saja cakep banget.....pokoknya saya senang sekali, bisa dapatkan isolat ini

 

Begitulah tadi review tentang agensia hayati, semoga berhasil memperbanyak dan bermanfaat untuk perlindungan tanaman. Terima Kasih


Bagi yang masih penasaran, tinggalkan pesan pada kolom komentar ya...

1 comment for "Manfaat Trichoderma harzianum dan Beauveria bassiana"