Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Trichoderma harzianum pada tanaman durian untuk mencegah Patogen Tular Tanah

 

 
Dalam konsep pertanian yang maju, serangan hama penyakit pada tanaman harus tetap dikendalikan, apapun jenis tanaman itu, termasuk tanaman durian. Pengendalaian hama penyakit tanaman durian bertujuan untuk mengurangi resiko kerugian yang ditimbulkan akibat adanya kerusakan, baik pada tanaman secara umum atau buah yang merupakan hasil produksi. 

Jamur Trichoderma sp. merupakan salah satu jamur antagonis yang telah banyak diuji coba untuk mengendalikan penyakit tanaman. Pengendalian hayati dengan menggunakan agens hayati seperti Trichoderma sp. yang terseleksi ini sangatlah diharapkan dapat mengurangi ketergantungan dan mengatasi dampak negatif dari pemakaian pestisida sintetik yang selama ini masih dipakai untuk pengendalian penyakit tanaman.

Setelah kita melakukan perbanyakan Trichoderma (baca : Perbanyakan Trichoderma harzianum tanpa menggunakan enkas) maka setelah satu minggu saatnya kita panen Trichoderma dan melakukan aplikasi pada tanaman. Aplikasi dilaksanakan di Kebun Durian TBR 44 
Desa Karombang Kecamatan Bulo

Terdapat beberapa cara aplikasi Trichoderma yang dapat dilakukan seperti berikut :

1. Pemberian Trichoderma dengan membuat galian alur/parit secara melingkar atau di kanan dan di kiri (bentuk huruf H) di tajuk terluar tanaman sedalam 10-30 cm, lebar disesuaikan dengan kebutuhan, taburkan Trichoderma sesuai dosis dalam alur/parit, kemudian timbun dengan tanah galian.

2. Pemberian Trichoderma dengan cara di tabur sekeliling dalam tajuk 

 

3. Pemberian Trichoderma dengan cara di tunggal 4 arah mata angin di luar tajuk dengan cara di gali 10-30 cm, taburkan Trichoderma kedalam galian kemudian timbun kembali dengan tanah. 


4. Pemberian Trichoderma dengan cara melarutkan Trichoderma ke dalam air kemudian di kocor pada akar tanamn durian atau dimasukkan ke dalam sprayer punggung dan dilakukan penyemprotan seperti biasanya. 

 

 5. Ampas media dari Trichoderma yang telah dilarutkan dapat di simpan pada wadah tertutup dan di biarkan, seminggu kemudian akan tumbuh jamur Trichoderma dan dapat diaplikasikan dengan cara di taburkan pada sekeliling tanaman durian.


Dokumentasi aplikasi Trichoderma harzianum

 Aplikasi  tersebut diatas bertujuan untuk mengintroduksi Trichoderma harzianum pada lokasi pertanaman durian, sehingga dapat mencegah penularan patogen tular tanah yang disebabkan oleh Jamur, karena Trichoderma yang telah di introduksi akan menghambat patogen tular tanah yang ada di sekitar perakaran tanaman durian.


- Terima kasih, jangan lupa share dan tinggalkan jejak dengan berkomentar -

Post a Comment for " Aplikasi Trichoderma harzianum pada tanaman durian untuk mencegah Patogen Tular Tanah"